10 Pilihan Kampus Berbasis IT Terbaik di Indonesia
20 Feb 2020 15:07 WIB

10 Pilihan Kampus Berbasis IT Terbaik di Indonesia

Pertumbuhan teknologi yang semakin pesat memaksa kita untuk terus memperbarui pengetahuan di bidang teknologi informasi. Dengan pertumbuhan teknologi inilah yang membuat banyak pelajar memilih untuk kuliah di bidang teknologi informasi. Karena saat ini pun setiap perusahaan pasti membutuhkan ahli IT. Sehingga IT bisa dikategorikan ke dalam salah satu jurusan favorit calon mahasiswa baru. Prospek kerjanya pun sangat banyak, yang membuat para calon mahasiswa baru memilih kampus berbasis teknologi informasi untuk melanjutkan studinya.
Memilih kampus berbasis IT bisa dibilang cukup mudah, apalagi melihat banyaknya kampus berbasis teknologi informasi di Indonesia. Baik kampus negeri maupun swasta, masing-masing sudah mulai menonjolkan basis IT di setiap prodinya. Nah, berikut ini kami rangkum “10 Pilihan Kampus Berbasis Teknologi Informasi Terbaik” di Indonesia yang bisa kalian jadikan rekomendasi dalam memilih kampus idaman.

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung merupakan salah satu perguruan tinggi negeri favorit di Indonesia. Banyak calon mahasiswa yang bermimpi ingin masuk ke kampus negeri di Kawasan Bandung ini. Kampus yang berdiri sejak tahun 1920 ini memiliki fokus utama di bidang teknik, baik Teknik Mesin, Teknik Astronomi, maupun ilmu teknik lainnya. Namun tidak ketinggalan juga, ITB juga terkenal dengan jurusan Teknik Informatikanya yang unggul dalam bidang Teknologi Informasi. Program Studi Teknik Informatika di ITB ini juga menjadi favorit para calon mahasiswa. Bahkan lulusan dari Teknik Informatika ITB ini pun sudah mendunia.

2. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Surabaya juga memiliki kampus berbasis IT favorit yang menjadi pilihan utama pelajar Kota Surabaya ketika akan melanjutkan studi. Institut Teknologi Sepuluh November atau biasa disingkat ITS juga menjadi salah satu kampus favorit di Indonesia. Fokus utama kampus ITS ini juga berada di bidang Teknologi Informasi.

3. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

Yogyakarta juga memiliki kampus IT favorit yang bisa menjadi pilihan para calon mahasiswa, yaitu Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Universitas Atma Jaya Yogyakarta memiliki program studi Teknik Informatika yang unggul dan sudah mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT. Bagi kalian yang ingin melanjutkan studi di Kota Yogyakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta bisa menjadi pilihan kalian.

4. Universitas Bina Nusantara (Binus)

Satu lagi yang terkenal di kawasan Ibu Kota Jakarta, yaitu Universitas Bina Nusantara atau biasa kita sebut Binus. Universitas Bina Nusantara ini memiliki jurusan yang berkaitan dengan Teknologi Informasi, yaitu Teknik Informatika yang sudah dikenal baik dikalangan ibu kota. Jurusan ini menjadi favorit di Binus, karena lulusannya pun sudah terbukti memiliki prospek kerja yang baik dan mumpuni. Namun tidak hanya jurusan Teknik Informatika saja, Binus juga memiliki jurusan IT lain seperti Ilmu Komputer, Sistem Informasi, dan masih banyak lagi.

5. Universitas Esa Unggul Jakarta

Universitas Esa Unggul juga merupakan kampus dengan jurusan Teknik Informatika terbaik setelah Binus di Ibu Kota Jakarta. Tepatnya berada di kawasan Jakarta Barat. Kampus berbasis IT ini juga sudah memiliki akreditasi A, sehingga bisa menjadi salah satu pilihan kalian yang ingin masuk ke kampus IT.

6. Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma memiliki jurusan di bidang IT yang cukup banyak digemari para calon mahasiswa, yaitu Teknik Informatika. Jurusan favorit tersebut juga membuat kampus ternama ini lebih familiar di kalangan masyarakat Depok. Kalian yang berdomisili di Kota Depok pun bisa memilih kampus Universitas Gunadarma ini sebagai salah satu pilihan melanjutkan studi.

7. Universitas Kristen Petra Surabaya

Sama seperti Kawasan ibu kota yang memiliki banyak kampus berbasis IT, Surabaya juga memiliki banyak pilihan kampus dengan basis teknologi informasi. Seperti Universitas Kristen Petra Surabaya. Kampus ini memiliki jurusan komputer favorit Teknik Informatika. Program studi Teknik Informatika di Universitas Kristen Petra Surabaya ini juga sudah mendapatkan predikat akreditasi A.

8. Universitas Kristen Satya Wacana

Kota Salatiga juga memiliki kampus unggulan yang baik dibidang Teknologi Informasi, yaitu Universitas Kristen Satya Wacana. Kampus ini memiliki jurusan Teknik Informatika yang sudah diakreditasi A oleh BAN-PT. Bagi kalian calon mahasiswa yang berdomisili di Salatiga, Universitas Kristen Satya Wacana ini bisa mejadi rekomendasi tempat melanjutkan studi di bidang IT.

9. President University

President University merupakan salah satu kampus bertaraf i¬¬nternasional yang memiliki predikat akreditasi A di bidang ilmu IT-nya. President University ini juga menjadi kampus internasional terbaik di Kota Bekasi. Meskipun berawal dari kampus yang memiliki basis ekonomi dan bisnis, sekali merambah ke dunia IT, jurusan Teknik Informatika-nya bisa membawa kampus ini menjadi kampus IT terbaik di Kota Bekasi.

10. Universitas Surabaya

Ada pula Universitas Surabaya yang menjadi kampus pilihan calon mahasiswa yang ingin mempelajari Teknologi Informasi lebih dalam lagi. Universitas Surabaya atau Ubaya menjadi salah satu kampus berbasis IT swasta terbaik di Indonesia. Jurusan Teknik Informatikanya pun sudah mendapatkan predikat akreditasi A dari BAN-PT.

Nah, itu tadi 10 kampus berbasis IT terbaik di Indonesia. Sebagai kampus yang baru saja berdiri, tentunya Institut Teknologi Tangerang Selatan juga memiliki cita-cita menjadi kampus berbasis IT terbaik di Indonesia. Harapannya cita-cita tersebut dapat tercapai dalam waktu yang singkat.

  • Share This Post: