Cara Memilih Kampus IT yang Baik
25 Feb 2020 09:55 WIB

Cara Memilih Kampus IT yang Baik

Memilih tempat untuk melanjutkan studi setelah lulus dari sekolah memang harus di pikirkan baik-baik. Tentunya dengan beberapa pertimbangan dan disesuaikan dengan keinginan siswa sendiri. Karena cukup banyak siswa yang harus menuruti keinginan orang tuanya dalam memilih jurusan. Pada akhirnya mereka pun tidak semangat dalam menjalani kuliah, dan tidak fokus karena tidak sesuai dengan keinginannya. Dalam memilih tempat kuliah pun juga ada beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan. Mulai dari reputasi kampus, akreditasi, prospek kerja, dan juga pertimbangan dari faktor biaya. Lokasi kampus juga bisa menjadi bahan pertimbangan baik itu yang ingin dekat dengan tempat tinggal atau yang ingin mencoba hal baru untuk tinggal di perantauan.

Ada beberapa tipe calon mahasiswa dalam menentukan kelanjutan studinya. Banyak dari mereka yang memilih kampus terbaik sebagai pilihan utama, dengan jurusan apa saja yang terpenting masuk ke kampus tersebut. Ada pula jurusan yang menjadi pilihan utama, baik di kampus favorit maupun tidak itu masuk ke pertimbangan kedua. Jika salah satu dari kalian ingin masuk ke kampus yang berbasis teknologi informasi, tidak hanya jurusannya yang penting, kampusnya pun juga penting untuk di pertimbangkan. Berikut beberapa tips untuk kalian dalam memilik kampus IT yang baik:

1. Status Kampus Jelas

Ketika memilih jurusan IT setelah lulus SMA atau pun SMK, pastikan terlebih dahulu kejelasan dari kampus yang kalian pilih. Apakah sudah diakreditasi oleh BAN-PT atau telah terdaftar di Kemenrisdikti atau belum, dan bagaimana testimoni lulusan kampus tersebut mengenai jurusan IT nya. Sehingga kalian tidak menebak-nebak bagaimana kualitas pendidikan di kampus IT tersebut. Kampus IT yang telah di akreditasi BAN-PT juga bisa menjadi alasan utama dalam memilih kampus tersebut.

2. Propsek Kerja ke Depan

Dalam memilih kampus berbasis IT, kalian juga harus mempertimbangkan prospek kerja ke depannya. Kampus yang memiliki reputasi baik di kalangan perusahaan maupun instansi tentunya akan memudahkan alumninya masuk ke perusahaan tersebut. Ada beberapa perusahaan yang mengambil sumber daya manusianya dari kampus-kampus berbasis IT yang sudah memberikan bukti nyata melalui alumni yang bekerja di perusahaannya. Sehingga para fresh graduate dari kampus tersebut pun akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan di perusahaannya.

3. Membuat Daftar Perguruan Tinggi

Kalian juga perlu membuat daftar perguruan tinggi berbasis teknologi informasi dengan jurusan IT terbaik di kota yang kalian inginkan. Perhatikan pula grade dari masing-masing kampus, sehingga kalian tidak salah dalam menentukan pilihan pertama dan pilihan keduanya. Dalam daftar tersebut bisa dicantumkan reputasi perguran tinggi, jurusan favorit, lokasi kampus, hingga biaya pendidikannya. Dengan demikian, kalian akan lebih mudah dalam memilih Kampus IT.

4. Mempertimbangkan Lokasi Kampus dengan Tempat Tinggal

Seperti yang tercantum pada poin 3, dalam daftar perguran tinggi perlu adanya detail lokasi kampus. Bagi kalian yang ingin merantau, kalian perlu survei terlebih dahulu apakah jarak  kampus dekat dengan area kostan atau tidak, maupun mensurvei lokasi strategis dari kampus berbasis IT tersebut. Sedangkan kalian yang tidak ingin merantau, bisa memilih kampus IT yang lokasinya dekat dengan tempat tinggal dan memiliki akses transportasi yang mudah dijangkau.

5. Biaya Kuliah vs Fasilitas Pendidikan

Tidak hanya lokasi saja yang perlu tercantum dalam daftar, kalian juga perlu menambahkan biaya kuliah di kampus IT tersebut yang dibandingkan dengan fasilitas pendidikan yang akan kalian dapatkan. Pastikan juga biaya kuliah yang harus kalian bayarkan sebanding dengan fasilitas yang tersedia. Sehingga kalian tidak merasa rugi jika biaya kuliahnya cukup mahal. Dengan biaya kuliah yang mahal, dosen yang mengajar pun juga harus berkompeten dan memiliki ijin mengajar resmi dari Dikti.

6. Konsultasi dengan Orang-orang Terdekat

Dalam menentukan kampus IT, kalian juga bisa meminta pertimbangan dari orang-orang di sekitar kalian. Bisa jadi mereka memiliki rekomendasi yang baik dalam memilih kampus, namun tetap keputusan utama ada pada kalian. Jangan sampai menyesal dalam memilih kampus karena pertimbangan yang salah. Karena melanjutkan studi ke jenjang kuliah ini merupakan pijakan awal untuk menggapai cita-cita kalian. Sehingga pastikan memilih kampus dan jurusan yang terbaik untuk kalian.

Itu tadi beberapa tips dalam memilih kampus berbasis teknologi informasi yang bisa kalian praktekan ketika lulus dari SMA atau SMK nanti. Sebagai informasi juga, kampus Institut Teknologi Tangerang Selatan ini meskipun tergolong dalam kategori kampus baru, ITTS memberikan fasilitas yang menarik untuk calon mahasiswanya dan tentunya biaya pendidikan yang cukup terjangkau. Lokasinya yang sangat strategis juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk kalian yang ingin melanjutkan studi berbasis IT di Kawasan Tangerang Selatan. Semoga ITTS pun bisa mewujudkan cita-cita kalian sebagai lulusan yang ingin bekerja di bidang Teknologi Informasi.

  • Share This Post: