Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang ke-77
17 Ags 2022 08:00 WIB

Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang ke-77


Hari ini adalah hari bahagia untuk bangsa Indonesia yang ke-77, mengapa Hari Kemerdekaan dijadikan sebagai hari libur nasional? Karna sudah menjadi keputusan pemerintah yang dikeluarkan pada 18 Juni 1946 untuk memperingati Proklamasi Kemerdekaan Replubik Indonesia pada tahun 17 Agustus 1945. Dimana pada tanggal dan tahun ini bangsa kita merdeka dari para penjajah.

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada hari Jum’at, 17 Agustus 1945 tahun Masehi, atau tanggal 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang, yang dibacakan oleh Soekarno dengan didampingi oleh Mohammad Hatta di sebuah rumah hibah dari Faradj Martak di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta Pusat. Naskah Proklamasi ditandatangani oleh Sukarno (yang menuliskan Namanya sebagai “Soekarno” menggunakan otografi Belanda) dan Mohammad Hatta, yang kemudian ditunjuk sebagai presiden dan wakil presiden berturut-turut sehari setelah proklamasi dibacakan.

Pengangsaan Timur 56 telah hadir antara lain Soewirjo, Wilopo, Gafar Pringgodigdo, Mohammad Tabrani, dan Trimurti. Acara di mulai pukul 10.00 WIB dengan pembacaan Proklamasi oleh Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks. Setelah itu, Sang Saka Merah Putih, yang telah dijahit oleh Fatmawati, dikibarkan, dan disusul oleh sambutan oleh Soewirjo, wakil wali kota Jakarta saat itu dan Moewardi, pimpinan Barisan Pelopor.

Pada awalnya Trimurti diminta untuk menaikan bendera, tetapi ia menolak dengan alasan pengerekan bendera sebaiknya dilakukan oleh seorang prajurit. Oleh sebab itu ditunjuklah Latief Hendraningrat, seorang prajurit PETA, dibantu oleh Soehoed untuk tugas tersebut. Seorang ppemudi muncul dari belakang membawa nampan berisi bendera Merah Putih yang di jaihit oleh Fatmawati beberapa hari sebelumnya. Setelah bendera dikibarkan, hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dan sampai saat ini, bendera pusaka tersebut masih disimpan di Monumen Nasional.

Pada tanggal 18 Agustus 1945, PPKI mengambil keputusan, mengesahkan dan menetapkan Undang-Undang dasar (UUD) sebagai dasar negara Replubik Indonesia, yang biasa dikenal sebagai UUD 1945. Dengan demikian terbentuklah Pemerintah Negara Kesatuan Indonesia yang benrbentuk Replubik (NKRI) dengan kedaulatan di tangan rakyat yang dilakukan sepenuhnya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang akan dibentuk kemudian.



Hingga saat ini disetiap tahun pada tanggal 17 Agustus di negara Indonesia, masyarakat Indonesia merayakan HUT RI dengan meriah, yang diantaranya pada pagi hari diawali dengan upacara bendera dan peringatan detik-detik proklamasi, biasanya kegiatan ini diselenggarakan di Istana Negara yang terletak di Jalan Veteran Jakarta Pusat yang akan dimulai pada pukul 10.00 WIB dan kegiatan yang sakral ini sudah berjalan selama 76 tahun lamanya.

Sebelum bulan Agustus sesuai Undang-undang Replubik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan pasal 7 ayat 3 yang mengatur hak pengunaan rumah, Gedung kantor, satuan Pendidikan, transportasi publik dan transportasi pribadi di wilayah NKRI, serta kantor perwakilan diplomatik Indonesia di luar negri pada tanggal 17 Agustus. Pemerintah menghimbau kepada masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih di sekitar halaman rumah selama satu bulan penuh di bulan Agustus dari tanggal 1 hingga 31 untuk memperingati HUT RI.

Tak hanya mengibarkan bendera merah putih saja, tapi masyarakat juga memasang pernak-pernik semacam bendera dan lain-lain untuk memeriahkan hari kemerdekaan di wilayah masing-masing dengan nuansa merah dan putih sebagai representasi dari warna bendera negara. Warga juga biasanya mengadakan lomba 17 Agustus di setiap RT dan RW.
Perlombaan masyarakat seperti lomba panjat pinang, lomba makan kerupuk, tarik tambang dan masih banyak lagi. Perlombaan ini sebagai tanda bahwa pada jaman penjajahan, kita berlomba untuk memenangkan sekaligus memerdekaan bangsa Indonesia dan bersaing dengan negara lain untuk bisa menjadi yang ke satu serta yang terbaik.

Jadikanlah momen Hari Kemerdekaan ini sebagai waktu yang tepat untuk napak tilas sejarah perjuangan Indonesia. Sebagai pemuda penerus bangsa, mari bahu-membahu memajukan Indonesia. Pemuda adalah kekuatan, inspirasi, serta penopang persatuan dan kemajuan bangsa.Mari bersatu untuk kemajuan Indonesia tercinta
Selamat Hari Kemerdekaan, selamat HUT RI yang ke-77
Salam sejahtera bagi bangsa Indonesia


Referensi : wikipedia.org
https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Indonesia_flag_raising_witnesses_17_August_1945.jpg

  • Share This Post: