IoT and Opportunistic Use of Technology On Global Trend of Industry 4.0
05 Mar 2021 11:28 WIB

IoT and Opportunistic Use of Technology On Global Trend of Industry 4.0

Dalam kurun waktu satu dekade ini, IoT menjadi topik yang menarik dan banyak diperbincangkan. Pada kenyatannya, IoT sendiri sudah dicetuskan di tahun 1999. Hal tersebut dicetuskan oleh Kevin Ashton pada saat mengikuti peluncuran teknologi RFID (Radio-Frequency Identification). IoT sendiri mengacu pada teknologi komunikasi antar mesin dengan menggunakan koneksi internet.

IoT (Internet of Things) adalah suatu konsep dimana objek tertentu punya kemampuan untuk mentrasfer data lewat jaringan tanpa adanya interaksi dari manusia ke manusia atau manusia ke perangkat komputer. IoT bekerja dengan memanfaatkan argumentasi pemrograman dimana tiap-tiap perintah argumen tersebut menghasilkan interaksi antar mesin yang telah terhubung secara otomatis tanpa campur tangan manusia di dalamnya.

Dikarenakan banyak yang tertarik dengan dunia IoT, Institut Teknologi Tangerang Selatan ingin membahas lebih dalam mengenai IoT dan peluangnya di era Industri 4.0. Pembahasan perihal IoT dimasukkan ke dalam acara rutin ITTSPodcast yang hadir setiap hari Kamis. Tema yang diangkat kali ini adalah “IoT and Opportunistic Use of Technology on Global Trend of Industry 4.0” dengan narasumber Direktur Komersial dan Pengembangan PGNCom, Bapak Larassetyo Wibowo.

PGNCOM adalah perusahaan Penyelenggara Telekomunikasi dan Solusi TIK yang berbasis di Jakarta, Indonesia. PGNCOm adalah penyedia backbone (serat optik) dengan jaringan milik perusahaan yang beroperasi dari Singapura ke Jakarta. PGNCOM telah menjadi solusi andal yang melayani pasar domestik yang meliputi kota-kota besar di Indonesia bagian Barat dan pasar internasional sejak tahun 2007.


Pembahasan ITTSPodcast dimulai dengan penjelesan Bapak Larassetyo Wibowo tentang PGNCom, revolusi industri 4.0, gangguan teknologi, megashift yang disebabkan oleh Covid-19, latar belakang IoT serta peluang-peluang IoT di masa depan.

Tidak hanya membahas mengenai IoT, acara ini juga diiringi oleh diskusi yang menarik. Pembahasan tentang sumberdaya manusia yang dibutuhkan untuk mewujudkan IoT yang global di Indonesia juga menjadi pembahasan utama. Karenanya, Bapak Larassetyo Wibowo memberikan beberapa tips untuk mahasiswa agar siap menghadapi dunia kerja jika ingin masuk ke ranah industri IoT.

Untuk melihat lebih utuh pembahasan mengenai masalah IoT di ITTSPodcast. Bisa dilihat melalui tautan ini.

ITTSPodcast merupakan acara regular yang diadakan oleh Institut Teknologi Tangerang Selatan setiap minggu. Acara ini dipandu oleh Agung Budi Prasetio selaku pembawa acara dan Onno W. Purbo selaku pakar IT. ITTSPodcast hadir dengan bintang tamu yang berbeda setiap minggunya dan menghadirkan narasumber-narasumber yang keren dan inspiratif.


Sumber:
[1] www.pgascom.id
[2] www.dewaweb.co.id
[3] www.telkolmseliot.com

  • Share This Post: