Mengenal Cryptocurrency, Kelebihan dan Kekurangan
26 Apr 2021 14:12 WIB

Mengenal Cryptocurrency, Kelebihan dan Kekurangan

Cryptocurrency menjadi sebuah istilah yang akrab di telinga kita belakangan ini. Dari mulai bitcoin sampai dengan dogecoin ramai diperbincangkan di berbagai forum-forum digital ataupun sosial media. Bahkan, banyak juga orang-orang yang mulai menaruh investasi di cryptocurrency ini. Bitcoin sendiri merupakan sebuah contoh dari cryptocurrency. Banyak pro kontra dalam kehadiran cryptocurrency ini.

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang digunakan untuk bertransaksi virtual dalam jaringan internet dan dijamin menggunakan kriptografi yang membuatnya hampir tidak mungkin dipalsukan atau digandakan. Meskipun dikembangakan sejak tahun 1990-an, crypto baru dikenal dan akrab di masyarakat sekitar 10 tahun terakhir. Kata “cryptocurrency” berasal dari gabungan dua kata, yaitu “cryptography” yang memiliki arti kode rahasia, dan “currency” yang berarti mata uang. Crypto sendiri “mengacu pada berbagai algoritma enkripsi dan teknik kriptografi yang melindungi entri ini, seperti enkripsi kurva elips, public private key pairs, dan fungsi hashing.”

Mata uang digital dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran yang menggunakan kriptografi yang kuat untuk mengamankan transaksi keuangan, mengontrol penciptaan uang tambahan, dan memverifikasi transfer aset. Ciri khas mata uang digital umumnya tidak dikeluarkan oleh otoritas pusat, membuat mereka secara teoritis kebal terhadap campur tangan atau manipulasi pemerintah.

Beberapa jenis cryptocurrency sering digunakan untuk bertransaksi, antara lain Bitcoin, Litecoin, Ethereum, Ripple, Monero, dan masih banyak lagi. Saat ini ada lebih dari 1.000 cryptocurrency yang beredar di seluruh dunia. Bitcoin menjadi mata uang teratas yang paling banyak digunakan dalam cryptocurrency. Bitcoin hanya diciptakan sebanyak 21 juta koin sesuai protokol yang sudah disepakati sang pencipta, yaitu Satoshi Sakamoto.

Ada beberapa fungsi mata uang digital yang dapat kita manfaatkan, antara lain:

  1. Untuk Investasi
    Cyptocurrency memiliki prinsip yang sama dengan prinsip ekonomi, dimana harga akan naik ketika terdapat banyak sekali permintaan. Semakin banyak yang berinvestasi, maka harga juga akan melambung naik. Saat ini nilai bitcoin jika dikonversikan ke dalam rupiah senilai kurang lebih Rp 750.000.000 untuk 1 koin. Hal ini ramai-ramai menarik minat masyarakat untuk mulai berinvestasi ke arah bitcoin.
  2. Membeli Barang atau Jasa
    Saat ini, banyak perusahaan ataupun organisasi menerima pembayaran menggunakan mata uang virtual. Akan tetapi mata uang yang sering digunakan transaksi hanyalah bitcoin.
  3. Pertambangan (Mining)
    Pertambangan menjadi hal yang sangat berkaitan dengan dunia cryptocurrency. Pengguna ditugaskan untuk dapat memecahkan teka-teki dari kriptografi yang rumit untuk dapat mengkonfirmasi transaksi dan dicatat dalam blockchain. Semakin besar daya yang digunakan, maka semakin besar peluang untuk dapat memecahkannya.

Cryptocurrency memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan

  1. Bersifat Universal
    Cryptocurrency dianggap bersifat universal dikarenakan tidak diperlukan syarat untuk menjadi penggunanya.
  2. Transparansi
    Setiap pengguna dapat melihat berbagai aktivitas transaksi yang pernah dilakukan. Namun tetap diberikan batasan berupa kerahasiaan identitas orang yang bertransaksi.
  3. Cepat
    Transaksi dengan mata uang digital lebih cepat jika dibandingkan transaksi konvensional.
  4. Kontrol Pribadi
    Kontrol pribadi memiliki maksud pengguna bertanggungjawab dengan mata uang digital masing-masing.


Kekurangan

  1. Celah Keamanan
    Cryptocurrency memiliki celah yang dapat digunakan untuk kegiatan ilegal ataupun kejahatan.
  2. Lupa Passoword
    Jika kita lupa dengan kata sandi, maka sangat beresiko untuk kehilangan uang pada akun yang telah dibuat.
  3. Perizinan
    Di beberapa negara, masih belum meregulasi mata uang digital dan masih menganggap ilegal transaksi yang menggunakan uang digital.

Itulah beberapa informasi tentang cryptocurrency yang bisa kita ambil pelajaran. Dari mulai jenis, penggunaan, kelebihan dan kekurangan uang digital. Kita juga bisa menggunakan uang digital untuk melakukan transaksi jual beli secara online.

Sumber:
[1] https://www.akseleran.co.id/blog/cryptocurrency-adalah/
[2] https://www.sekawanmedia.co.id/pengertian-cryptocurrency/
[3] https://glints.com/id/lowongan/cryptocurrency-adalah/
[4] https://kamus.tokopedia.com/c/cryptocurrency/

  • Share This Post: