Mengenal Secara Singkat PT. Jembo Cable Company
28 Sep 2022 16:48 WIB

Mengenal Secara Singkat PT. Jembo Cable Company

PT. Jembo Cable Company berdiri pada tahun 1970-an dan untuk kabel optiknya ada pada tahun 1992-1993. PT. Jembo merupakan pabrik lokal buatan Indonesia dengan memiliki saham sebesar 80%. Pada tahun 1992 jembo pertama kali go public dan di beli 20% oleh jepang yaitu Fuji Kura. Fuji Kura sendiri merupakan pakar dari fiber optic. Pada tahun 1992 di Indonesia belum ada sama sekali kabel fiber optic dan hanya ada kabel conventional (kabel telepon tembaga). Pada tahun 1993 pertama kali PT. Jembo Cable Company melakukan pembelian mesin-mesin. Karena tidak ada spesifikasi mengenai kabel fiber di Indonesia sehingga membuat para pakar PT. Jembo Cable Company mengambil artificer dari Kanada yaitu difficult corner. Karena tidak adanya pembelajaran mengenai fiber optic di Indonesia, membuat Bpk. Bambang Pramadi. P salah satu pakar PT. Jembo Cable Company harus belajar ke luar negeri, untuk mengetahui bagaimana tahap coloring dan lain sebagainya. Para pakar PT. Jembo harus mengunjungi 10 negara untuk mempelajari mengenai fiber optic seperti pembelajaran mengenai teknologi di jepang, lalu penggunaan mesin di swiss, lalu ke Malaysia dan negara lainnya.


Bpk. Bambang Pramadi. P berpendapat bahwa dalam sebulan PT. Jembo Cable Company dapat menghasilkan kabel fiber optic dengan kapasitas 4.500km kabel jadi. Kapasitas paling besar adalah 288 fiber. Untuk waktu pembuatan dalam satu drum kabel menggunakan sistem EOD (End Of Day) adalah evesiensi proses, seperti minimal order, sebagai contoh pemesanan 1 drum dalam waktu 5 hari atau 5 drum 5 hari pun bisa. Jadi PT. Jembo Cable Company selalu siap menerima pesanan Customize dan keinginan waktu pemesanan.

Setiap competitor memiliki keunggulan masing-masing, tetapi PT. Jembo Cable Company lebih ke variatif produk seperti free market. Tersedia seperti kabel tahan api, kabel tidak ada asap, di bakar tidak merambat, pengeboran, kabel untuk kapal dan PT. Jembo Cable Company sendiri memiliki banyak jenis mesin bahkan sampai ratusan mesin. Untuk perempuan ditempatkan di bagian khusus yaitu Jembo Solar Cell karena pembuatan berdasarkan statistic dan mempekerjakan perempuan untuk mengurangi adanya faktor kegagalan. Untuk panel surya PT. Jembo Cable Company juga melakukan ekspor produk ke Australia, New Zealand, Amerika, UK dan masih banyak lagi. PT. Jembo Cable Company adalah satu-satunya perusahaan kabel fiber optic yang 80?alah milik Indonesia. TKDN (tingkat kandungan dalam negeri) pada kabel di PT. Jembo Cable Company adalah 80-90%.

Pada tahun 2015 PT. Jembo Cable Company melakukan investasi kepada Freeport setelah diyakinkan oleh Menteri Perindustrian agar Freeport dikelola 100% oleh Indonesia, sehingga PT. Jembo Cable Company menjadi produsen utama dalam pengelolaan Freeport Indonesia. PT. Jembo Cable Company mempunyai standarisasi yaitu melalui interview, pengetesan user,dan setiap bulannya selalu mengadakan purna bakti. PT. Jembo Cable Company selalu membuka kesempatan kepada sekolah menengah dan perguruan tinggi untuk dapat melakukan kunjungan indusri dan juga magang kerja atau magang untuk PKL.

  • Share This Post: