Statistic, Computer Science dan Business Knowledge dalam Data Science
19 Mar 2021 06:38 WIB

Statistic, Computer Science dan Business Knowledge dalam Data Science

Data Science adalah sebuah bidang antar disiplin yang menggunakan metode, proses, algoritma dan sistem ilmiah untuk menghasilkan pengetahuan dan wawasan dari banyak data struktural dan tidak terstruktur. Data science terdiri dari 3 macam ilmu, yaitu Statistic, Computer Science, dan Knowledge Insight.

Teknik-teknik yang digunakan untuk Data Science:
- Probablity and Statistic (Probabilitas dan Statistik)
- Distribution (Distribusi)
- Regression Analysis (Analisis Regresi)
- Descriptive Statistics (Statistik Deskriptif)
- Inferential Statistics (Statistik Inferensial)
- Non-Parametic Statistics (Statistik Non-Parametik)
- Hypothesis Testing (Pengujian Hipotesis)
- Linear Regression (Regresi Linier)
- Logistic Regression (Regresi Logistik)
- Neural Networks (Jaringan Neural)
- K-Means Clustering (Pengelompokan K-Means)
- Decision Trees, dll (Pohon Keputusan, dll)

Untuk menguasai data science, salah satu keahlian yang dibutuhkan adalah programming. Di dalam programming sendiri, ada bahasa pemrograman yang sering digunakan, yaitu R dan Python. R digunakan saat kita melakukan analisis data eksplorasi, melakukan visualisasi data, serta membuat laporan. Sementara itu, Python digunakan ketika model kita sudah jadi dan kita ingin memasuki model machine learning tersebut ke dalam aplikasi atau ke dalam website.

Salah satu hal terpenting dalam menguasai Data Science adalah kemampuan knowledge insight (wawasan pengetahuan). Knowledge Insight sendiri berperan ketika kita ingin menentukan apa masalah kita, membuat model, dan menginterpretasikan hasil yang kita dapatkan dari model tersebut.



Itulah sedikit cuplikan mengenai apa yang akan kita pelajari dalam ITTS Podcast yang diselenggarakan pada hari Kamis 18 Maret 2021 melalui live streaming. Untuk teman-teman yang ingin melihat informasi lebih lengkap mengenai Data Science yang diampaikan oleh Ibu Tutik Lestari, bisa mengunjungi tautan berikut.

Ibu Tutik Lestari merupakan seorang dosen yang saat ini mengajar Statistika di Institut Teknologi Tangerang Selatan. Ibu Tutik Lestari menyelesaikan pendidikan strata 1 di Universitas Mercu Buana dengan jurusan Teknologi & Ilmu Komputer serta pendidikan strata 2 di Universitas Budi Luhur jurusan Ilmu Komputer.

ITTS Podcast merupakan acara regular yang diadakan oleh Institut Teknologi Tangerang Selatan setiap minggu. Acara ini dipandu oleh Agung Budi Prasetio selaku pembawa acara dan Onno W. Purbo selaku pakar IT. ITTS Podcast hadir dengan bintang tamu yang berbeda setiap minggunya dan menghadirkan narasumber-narasumber yang keren dan inspiratif.

  • Share This Post: