Workshop Internet Of Things Bersama Prof. Onno W. Purbo
23 Sep 2022 16:20 WIB

Workshop Internet Of Things Bersama Prof. Onno W. Purbo

Kamis, 22 September 2022, Institut Teknologi Tangerang Selatan mengadakan Workshop Internet Of Things (IoT) secara offline dan terbuka untuk umum bersama Prof. Onno W. Purbo tentang tahap-tahap pembuatan Objectblocks. Kegiatan ini diadakan di Lab Kampus Institut Teknologi Tangerang Selatan.



Kegiatan ini diisi dengan memperkenalkan alat-alat yang terdapat di dalam Kit Objectblocks salah satunya ada sensor, kabel pelangi, arduino, dan tentunya objectblocks. Yang paling penting dari semuanya adalah Objectblocks karena dengan alat ini kita bisa menggunakan programming dengan mudah, terdapat WiFi dan Bluetooth serta kita juga bisa menge-set WiFinya agar bisa tersambung ke internet.

Sebelum mengerjakan Objectblocks, kita harus menginstall aplikasi ObjeckBlocks Tool di handphone yang digunakan untuk pengaturan WiFi untuk perangkat keras yang dapat diprogram. Saat aplikasi di ObjeckBlocks Tool terkoneksi kita sudah bisa mengaktifkan LED sensor, temperature sensor, seven segmen sensor, dan humadity sensor.

Workshop Internet Of Things diadakan kurang lebih dua jam dan selama itu Prof. Onno W. Purbo mengajarkan tahap demi tahap cara mengaktifkan sensor suhu, sensor lampu, slider, dan juga sensor humadity.



Workshop IoT tentang Objectblocks ini berperan penting dalam meningkatkan kecerdasan otak mahasiswa. Dengan mengedepankan pendidikan berbasis STEM (Science, Engineer, Technology, and Mathematics) menggunakan Objectblocks, diharapkan mahasiswa mampu bersaing secara global di era yang semakin canggih di masa depan.

  • Share This Post: