Temukan berita yang anda cari disini

Berita Kampus

04 Okt 2021

Sabtu, 2 Oktober 2021 ITTS telah menyelenggarakan kuliah umum bertajuk Cyber Forensic dan Cyber Defense. Dalam kuliah umum tersebut terdapat tiga pengisi acara yang telah diakui di nasional ataupun internasional perihal prestasi mereka di dunia cyber. Pak Onno W. Purbo selaku Wakil Rektor ITTS dan pakar jaringan memberikan pemaparan pertama kali tentang dunia jaringan dan menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan oleh peserta kuliah umum. Setelah itu ada materi Cyber Forensic yang dipaparkan oleh Bapak Josua M Sinambela, pakar Cyber Forensic yang sudah berpengalaman selama lebih 14 tahun. Dalam pemaparannya, beliau memberikan materi yang lengkap tentang dunia Cyber Forensic. Mulai dari penjelasan digital forensic, pengguna jasa digital forensic, tahap-tahapan menjadi seseorang yang bergerak di bidang digital forensic, metode-metode dan masih banyak lagi.Sesi terakhir diisi oleh Bapak Gildas Deograt Lumy, seorang pakar Cyber Defense dan juga pemilik XecureIT. Belia menjelaskan informasi penyerangan melalui digital, manajemen sistem keamanan informasi, aspek keamanan informasi, komponen kekuatan siber dan banyak lagi.Acara ini disiarkan daring melalui Zoom. Kuliah umum ini berjalan dengan sangat seru karena banyak peserta yang aktif bertanya. Waktu yang disediakan mulai pukul 09.00 WIB - 12.00 WIB pun masih kurang.Untuk anda yang tertarik dengan kuliah umum dan ingin mendapatkan informasi terbaru yang diadakan oleh Institut Teknologi Tangerang Selatan, bisa mengikuti sosial media Institut Teknologi Tangerang Selatan.

Kuliah Umum Cyber Forensic dan Cyber Defense
30 Sep 2021

Untuk kesekian kalinya, ITTS kembali mengadakan kuliah umum. Ada yang berbeda dari kuliah umum ITTS sebelumnya. Kali ini ITTS menghadirkan 3 pakar hebat yang sudah tidak diragukan keahliannya di bidang jaringan. Mengambil tema Cyber Forensic dan Cyber Defense, kuliah umum kali ini menghadirkan Ir. Onno W. Purbo, Ph.D, Josua M. Sinambela, serta Gildas Deograt Lumy. Acara ini akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 2 Oktober 2021 pukul 09.00 WIB melalui zoom. Untuk pendaftaran bisa diakses melalui sini. Dapatkan sertifikat secara gratis setelah mengikuti acara ini. Yuk Buruan daftar.

Kuliah Umum Cyber Forensic dan Cyber Defense
30 Sep 2021

Rabu, 29 September 2021, Kaukus Perempuan Parlemen Republik Indonesia, mengadakan sebuah acara bertajuk Women in Tech: Kepemimpinan Perempuan di Era Digital. Ketua Program Studi Informatika, Tutik Lestari ditunjuk menjadi moderator dalam acara tersebut. Para legislator perempuan yang hadir, melakukan diskusi dengan fokus untuk menjembatani isu-isu strategis tentang perempuan Indonesia di era digital.Menghadirkan Ketua DPR Puan Maharani sebagai Keynote Speaker dan Catherine Chen selaku pimpinan perempuan di Huawei Global. Acara tersebut juga dihadiri oleh 50 anggota DPR dan DPD dan lebih dari 400 partisipan online. Acara berlangsung mulai pukul 09.30 - 15.55 WIB. Di sesi pertama, lebih banyak diisi mengenai dasar dan pengetahuan terbaru tentang teknologi digital. Sedangkan pada sesi kedua, lebih banyak dihadirkan diskusi panel digitalisasi dan pentingnya untuk perempuan Indonesia. Ada banyak narasumber yang dihadirkan selain keynote speaker. Antara lain: - Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo (Kepala Polisi Republik Indonesia)- M. Rosidi (Direktur Strategi & Pengembangan Bisnis Huaweri Indonesia)- Aria Widyanto (Direktur & CRSO Amartha)- J. Sofian Lusa (Staf Pengajar Pascasarjana UI, Universitas Trisakti dan Universitas Budi Luhur)- Dyah Roro Esti (Anggota Komisi VII DPR RI)- Mira Tayyiba (Sekertaris Jenderal Kementerian Informasi dan Komunikasi Republik Indonesia)- Tricia Iskandar (Wakil Presiden Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Gojek)- Drg. Putih Sari (Anggota DPR RI dari Partai Gerindra)- Diah Pitaloka (Ketua KPPRI)- Sylviana Murni (Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia)

Women in Tech: Kepemimpinan Perempuan di Era Digital
31 Jul 2021

Institut Teknologi Tangerang Selatan telah menyelenggarakan Konferensi Master Class Internasional untuk Publik pada Hari Selasa, 29 Juni 2021 pukul 9.15-12.00 WIB (Waktu Jakarta) daring melalui Zoom. Ada dua pembicara internasional mengisi Master Class tersebut. Di antaranya:1. Ir. Onno W. Purbo, Ph.D. mewakili Institut Teknologi Tangerang Selatan dengan tema Improvisation on low cost Internet Technology.2. Prof. TS. Dr. Burhanuddin bin Mohd Aboobaider mewakili Universitas Teknikal Malaysia dengan tema Multi-Criteria Deep Learning Approach for FeatureSelection and Classification using Artificial Neutral Network. Diinformasikan bahwa hasil dari Master Class tersebut telah terbit di halaman berikut:Klik Here

Published Article : New Publishing International Conference on Artificial Intelligence and Computer Science Technology (ICAICST)
07 Jul 2021

Sabtu, 03 Juli 2021, ITTS mengadakan kuliah umum dengan tema "Cyber Security". Bekerjasama dengan Dinas Provinsi Banten di Bidang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), acara ini berjalan dengan baik. Acara webinar tersebut diikuti hampir seribu peserta. Sebagai wakil rektor dan juga pengisi materi, Bapak Onno W Purbo, memberikan banyak sekali informasi-informasi menarik. Webinar ini dibuka untuk umum serta mendapatkan fasilitas e-sertifikat dan juga buku. Harapannya webinar tersebut tidak cuma diselenggarakan satu kali. Akan ada lagi webinar-webinar yang akan diselenggarakan oleh ITTS dengan narasumber-narasumber yang keren dan ahli di bidangnya.Pendaftaran mahasiswa baru Institut Teknologi Tangerang Selatan untuk gelombang ketiga sudah dibuka. Apabila kamu berminat untuk belajar berbagai keilmuan IT segera daftarkan di sini. Dapatkan berbagai macam fasilitas menarik saat kamu belajar di Institut Teknologi Tangerang Selatan. Kesempatan untuk bisa bekerja sebelum lulus kuliah, juga sangat terbuka di Institut Teknologi Tangerang Selatan.Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan dirimu dan ikut menjadi bagian dalam memajukan inovasi dan teknologi. Institut Teknologi Tangerang Selatan, Pusat teknologi nasional berkelas dunia.

Webinar Kuliah Umum Cyber Security
30 Jun 2021

Bekerjasama dengan Dinas Provinsi Banten bidang Sekolah Menengah Kejuruan, Institut Teknologi Tangerang Selatan mengadakan acara Webinar Kuliah Umum dengan tema Cyber Security. Program ini akan diisi oleh Ir. Onno W. Purbo, Ph.D selaku Wakil Rektor Akademik Institut Teknologi Tangerang Selatan dan juga pakar di bidang keamanan jaringan. Dipandu oleh Tutik Lestari, S. Si, M.Kom. sebagai host, acara ini akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 3 Juli 2021 pukul 09.00-12.00 melalui Zoom dan YouTube Institut Teknologi Tangerang Selatan. Acara ini terbuka untuk umum dan  peserta akan mendapatkan e-sertifikat serta buku.Untuk pendaftaran bisa mengakses tautan ini. Yuk daftaran dirimu sekarang juga!

Webinar Kuliah Umum Cyber Security
22 Jun 2021

Institut Teknologi Tangerang Selatan menyelenggarakan Konferensi Master Class Internasional untuk Publik. Ada dua pembicara internasional yang akan mengisi Master Class tersebut. Di antaranya:1. Ir. Onno W. Purbo, Ph.D. mewakili Institut Teknologi Tangerang Selatan dengan tema Improvisation on low cost Internet Technology.2. Prof. TS. Dr. Burhanuddin bin Mohd Aboobaider mewakili Universitas Teknikal Malaysia dengan tema Multi-Criteria Deep Learning Approach for FeatureSelection and Classification using Artificial Neutral Network.Acara ini akan diselenggarakan pada Hari Selasa, 29 Juni 2021 pukul 9.15-12.00 WIB (Waktu Jakarta) daring melalui Zoom. Untuk bergabung dapat mengeklik tautan ini.

Master Class Conference International (Open for Public)
19 Mei 2021

Melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi selepas SMA, menjadi harapan bagi sebagian banyak orang. Biasanya sebelum lulus SMA, kita sudah mulai dipusingkan dengan pikiran-pikiran kemana kita akan melanjutkan pendidikan. Tidak hanya dalam memilih jurusan, memilih perguruan tinggi juga bikin perasaan gundah. Bagi sebagian orang, memilih perguruan tinggi negeri terbaik mungkin menjadi sebuah impian. Namun, persaingan untuk bisa masuk ke perguruan tinggi terbaikpun sangatlah susah, tidak hanya mulai dari pendaftaran dan persyaratannya, perguruan tinggi negeri terbaik juga relatif memiliki banyak pesaing. Di jaman modern seperti sekarang, kuliah di perguruan tinggi swasta tidak menjadi masalah. Pasalnya, sekarang ini banyak perguruan tinggi negeri memiliki kredibilitas yang mumpuni. Institut Teknologi Tangerang Selatan, berkomitmen untuk bisa menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia, namun juga di dunia. Oleh sebab itu, ITTS terus mencoba untuk beradaptasi dengan berbagai hal, mulai dari sumber daya manusia, sampai dengan sistem yang terus menerus ditingkatkan. Ada beberapa alasan kenapa kamu harus kuliah di Institut Teknologi Tangerang Selatan.1.    Program Fast Track 2 in 1Fast Track adalah program perkuliahan yang memadukan kuliah S1 dan S2 untuk dapat selesai dalam kurun waktu 5 tahun. Konsepnya hampir sama dengan sekolah akselerasi yang memadatkan materi pelajaran, sehingga bisa mempersingkat masa studi dibandingan dengan perkuliahan biasa.2.    Mata Kuliah Menyesuaikan Tren Perkembangan TeknologiUntuk memenuhi kebutuhan lapangan pekerjaan yang terus berkembang, ITTS juga ikut menyesuaikan mata kuliah sesuai dengan perkembangan tren dan teknologi.3.    Kurikulum Berbasis Hybrid SkillDiintegrasikan dalam mata kuliah, kegiatan ekstra dan kurikuler, program magang industri, hingga implementasinya di masyarakat melalui program Kerja  Praktik Mahasiswa (KPM)4.    Kesempatan Magang dan Kerja di Luar NegeriITTS bekerjasama dengan banyak perusahaan baik di dalam ataupun di luar negeri. Semua mahasiswa ITTS berhak dan berkesampatan untuk bisa bisa magang dan bekerja dengan perusahaan partner ITTS.5.    Bekerja Sebelum LulusDengan berbagai keuntungan yang didapatkan saat menjadi mahasiswa ITTS. Kamu bisa memanfaatkan momen untuk bisa bekerja sebelum lulus.     6.    Asistensi Langsung dengan Prof. Onno W. PurboProf. Onno W. Purbo merupakan seorang tokoh dan pakar di bidang teknologi. Beliau juga merupakan Wakil Rektor di Bidang Akademik ITTS. Dengan menjadi mahasiswa ITTS, kamu bisa langsung mendapatkan bimbingan dari Prof. Onno.Itulah beberapa alasan kenapa kamu harus kuliah di Institut Teknologi Tangerang Selatan. Tunggu apa lagi? Yuk segera daftarkan dirimu di pmb.itts.ac.id

Alasan Kenapa Harus Kuliah di ITTS
03 Mei 2021

Beberapa waktu lalu, media sosial dihebohkan oleh video penangkapan makhluk yang dipercaya sebagai babi ngepet. Namun, tidak lama setelah video tersebut viral di media sosial diketahui bahwa isu tersebut merupakan sebuah karangan seseorang yang ingin memprovokasi masyarakat. Dari beberapa video yang viral, terdapat sebuah video dimana seseorang wanita berbicara kepada sejumlah warga dan menuduh tetangganya adalah pelaku babi ngepet. Dia menuduh tetangganya sebagai pelaku babi ngepet dikarenakan tetangganya tersebut tidak bekerja namun memiliki banyak uang.Dari video ibu-ibu yang viral tersebut kita belajar, bahwasanya masih banyak masyarakat kita yang mempunyai pandangan, untuk memiliki banyak uang, kita harus bekerja formal seperti orang-orang kebanyakan. Di jaman serba digital seperti sekarang ini, ada banyak profesi dan pekerjaan yang bisa menjadi alternatif selain kerja kantoran dikarenakan teknologi yang membuat pekerjaan tidak mutlak di kerjakan di kantor. Ada sebuah istilah yang terus berkembang di era industri 4.0 ini yaitu adalah Gig Economy. Gig Econmoy sendiri dapat diartikan sebagai sebuah sistem kerja dimana pekerja yang direkrut kebanyakan adalah pekerja independen dan kontrak pekerjaan jangka pendek.Pekerja di gig economy tidak bisa dibilang sebagai karyawan karena mereka mengerjakan projek secara kontrak dengan pemilik pekerjaan secara mandiri. Di kutip dari artikel Tirto, Anthony Hussenot, profesor dari Université Nice Sophia Antipolis (UNS) telah memprediksi di artikelnya "Is freelancing the future of employment?". Ia menyatakan bahwa pekerjaan lepas (freelance) adalah pekerjaan masa depan.Ada beberapa pro kontra tentang fenomena gig economy ini. Ada yang setuju dengan pola kerja kontrak jangka pendek, adapula yang menolak. Kebanyakan mereka yang menyetujui pola kerja dalam gig economy adalah dikarenakan gig economy menawarkan fleksibilitas, serta penghasilan yang menggiurkan. Sementara mereka yang tidak setuju memiliki alasan bahwa pekerja lepas seringkali merasa tereksploitasi. Bekerja dalam kontrak jangka pendek juga tidak menawarkan jenjang karir, pertumbuhan keterampilan, dan keamanan finansial.Meskipun ada yang setuju dan tidak setuju dengan fenomena gig economy. Ada dampak positif yang dapat kita ambil. Dari sisi pekerja, gig economy memberi kesempatan kepada pekerja untuk bisa mengambil banyak proyek sekaligus dalam satu waktu. Di sisi perusahan, gig economy memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk dapat menyewa pekerja dengan hasil kerja yang cepat tanpa perlu memberikan gaji tetap.Ada banyak bidang pekerjaan yang bisa dikerjakan dalam fenomena gig economy ini.Developer (coder, programmer)DesignerWriter atau copywriterMarketingTranslatorFotografer atau Videografer AkuntanManajer HRProfesional SEOPublic RelationVirtual AssitantEditorSocial Media SpesialisKonsultan BisnisKonsultan FinansialKonsultan Perangkat LunakItulah penjelasan singkat tentang fenomena gig economy yang mulai berkembang di masyarakat. Terlepas dari pro kontra serta dampaknya, gig economy memberikan alternatif kepada kita bahwa bekerja tidak selamanya harus berada di dalam kantor.Sumber:[1 https://tirto.id/mengenal-gig-economy-dunia-kerja-baru-yang-rentan-eksploitasi-eqxU[2] https://glints.com/id/lowongan/gig-economy-adalah/

Ngepet dan Fenomena Gig Economy