Temukan berita yang anda cari disini

Berita Kampus

23 Sep 2022

Kamis, 22 September 2022, Institut Teknologi Tangerang Selatan mengadakan Workshop Internet Of Things (IoT) secara offline dan terbuka untuk umum bersama Prof. Onno W. Purbo tentang tahap-tahap pembuatan Objectblocks. Kegiatan ini diadakan di Lab Kampus Institut Teknologi Tangerang Selatan.Kegiatan ini diisi dengan memperkenalkan alat-alat yang terdapat di dalam Kit Objectblocks salah satunya ada sensor, kabel pelangi, arduino, dan tentunya objectblocks. Yang paling penting dari semuanya adalah Objectblocks karena dengan alat ini kita bisa menggunakan programming dengan mudah, terdapat WiFi dan Bluetooth serta kita juga bisa menge-set WiFinya agar bisa tersambung ke internet.Sebelum mengerjakan Objectblocks, kita harus menginstall aplikasi ObjeckBlocks Tool di handphone yang digunakan untuk pengaturan WiFi untuk perangkat keras yang dapat diprogram. Saat aplikasi di ObjeckBlocks Tool terkoneksi kita sudah bisa mengaktifkan LED sensor, temperature sensor, seven segmen sensor, dan humadity sensor.Workshop Internet Of Things diadakan kurang lebih dua jam dan selama itu Prof. Onno W. Purbo mengajarkan tahap demi tahap cara mengaktifkan sensor suhu, sensor lampu, slider, dan juga sensor humadity.Workshop IoT tentang Objectblocks ini berperan penting dalam meningkatkan kecerdasan otak mahasiswa. Dengan mengedepankan pendidikan berbasis STEM (Science, Engineer, Technology, and Mathematics) menggunakan Objectblocks, diharapkan mahasiswa mampu bersaing secara global di era yang semakin canggih di masa depan.

Workshop Internet Of Things Bersama Prof. Onno W. Purbo
23 Sep 2022

Rabu, 21 September 2022 – Mahasiswa Institut Teknologi Tangerang Selatan yang didampingi oleh Ir. Onno W. Purbo, M.Eng., Ph.D., selaku Wakil Rektor I Akademik, Nanang Fitriana Kurniawan S.Kom., MM. selaku Wakil Rektor III Humas dan Kemahasiswaan, serta Muhammad Ihsan Fauzi, S.Kom., M.Kom., selaku Dosen & Kaprodi Sistem Informasi melakukan kunjungan industri ke PT. Jembo Cable Company Tbk. Kunjungan industri kali ini diawali dengan acara pengenalan perusahaan, dimana para mahasiswa mendapatkan informasi seputar sejarah berdirinya PT Jembo Cable Company Tbk, sebagai salah satu perusahaan kabel terbesar di Indonesia. Sebelum melakukan Plant Tour, Bpk. Mahmud Jonsen selaku HR Manager memberikan pengarahan mengenai Safety Induction. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Plant tour untuk melihat seperti apa proses produksi kabel Jembo dari awal hingga akhir seperti, coloring, thixotropic filling gel, pengujian redaman, kualitas kabel, pengemasan, hingga siap didistribusikan.Dalam kunjungan kali ini Agustinus Randa selaku Marketing Manajer Jembo Cable Company Tbk pun memaparkan tentang bagaimana kabel Jembo di produksi hingga mendapat kepercayaan dunia internasional dalam industri kabel dihadapan para mahasiswa ITTS. Untuk ketahanan kabel Jembo memang memiliki kekuatan selama 30 tahun dan sudah mengantongi sertifikat ISO 9001-2015, ISO 14001-2015, OHSAS 18001-2007 yang diakui dunia internasional. Maka itu, Jembo pun menyasar Pasar Eropa, Asia, Amerika, dan bahkan Amerika Latin.Kunjungan industri yang dimulai dari pukul 13.00 siang hingga 16.00 sore tersebut ditutup dengan acara ramah tamah dan foto bersama. Tentu ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa ITTS. PT Jembo Cable Company Tbk juga sangat kooperatif dalam berbagi pengetahuan dan pengalamannya di industri sehingga saat ini mampu menjadi perusahaan yang besar dan menguasai pasar. Sebagai Perusahaan yang peduli akan pendidikan generasi mendatang, PT Jembo Cable Company Tbk selalu membuka kesempatan kepada sekolah menengah dan perguruan tinggi untuk dapat melakukan kunjungan industri.

Kunjungan Industri ITTS Ke PT. Jembo Cable Company Tbk
15 Sep 2022

Kamis, 8 September 2020. XQ Informatics oleh Bapak Galih Permadi Managing Director dan Bapak Khoirul Khuluq Manager Human Resources XQ Informatics melakukan kunjungan dengan Pakar Teknologi Informasi sekaligus Wakil Rektor I Akademik Institut Teknologi Tangerang Selatan, Ir. Onno W. Purbo, M.Eng., Ph.D., dan Wakil Rektor III Humas dan Kemahasiswaan Institut Teknologi Tangerang Selatan, Nanang Fitriana Kurniawan S.Kom., MM., serta Dosen Institut Teknologi Tangerang Selatan sekaligus Pembimbing UKM Data Science Institut Teknologi Tangerang Selatan, Tutik Lestari, S.Si., M.Kom.Dalam kunjungan tersebut, XQ Informatics ingin bersilatuhrahmi sekaligus membicarakan rencana kerjasama dengan Institut Teknologi Tangerang Selatan di bidang Data Science dan Artificial Intelligence dengan konsep “Sentiment & Geography of Social Media User Posting and Locations”. Tujuan dari kunjungan ini akan adanya implementasi webinar online dan juga training yang diajarkan oleh XQ Informatics serta dibantu oleh Dosen Institut Teknologi Tangerang Selatan untuk mengajarkan materi masuk ke kurikulum pengajaran di bidang Data Science dan Artificial Intelligence di Kampus Institut Teknologi Tangerang Selatan.

Kunjungan XQ Informatics ke ITTS
12 Sep 2022

Kamis, 8 September 2022, Prof. Onno W. Purbo bersama mahasiswa/i Institut Teknologi Tangerang Selatan mengadakan Workshop Pelatihan Internet Offline di SMK Global Tangerang. Prof. Onno W Purbo sendiri sudah sejak lama memiliki misi "Mencerdaskan Anak-anak Bangsa Indonesia". Untuk sesi pelatihan Internet Offline ini beliau bersama dengan mahasiswa/i Institut Teknologi Tangerang Selatan melakukannya secara cuma-cuma atau GRATIS. Kegiatan ini disambut baik oleh kepala sekolah SMK Global Tangerang Bpk. Haerudin., S.Kom. MM. Dalam sambutannya beliau berbicara, "SMK Global Tangerang sangat senang sekali di kunjungi oleh "Artis Teknologi" dan ini terasa seperti mimpi dapat disambangi oleh orang terbaik Indonesia dalam bidang teknologi berserta tim dari ITTS dan Wikipedia". Beliau juga berpesan kepada para siswa/i kelas dua belas jurusan Teknik Komputer Jaringan untuk dapat menimba ilmu dari Prof. Onno W. Purbo. Selain itu, SMK Global Tangerang diberikan kesempatan baik oleh ITTS untuk mendapatkan beasiswa 1 tahun FREE untuk para siswa/i SMK Global Tangerang yang memang memiliki bakat dan minat untuk melanjutkan ke jenjang kuliah. Pada akhir dari pelatihan ini sekolah memberikan kenang-kenangan berupa Plakat untuk ITTS. Selain itu juga, sekolah SMK Global Tangerang mendapatkan 1 server internet offline yang dapat digunakan untuk kegiatan belajar para siswa. Untuk sekolah/lembaga/institusi yang berkeinginan untuk mendapatkan Pelatihan Internet Offline seperti ini dapat menghubungi email berikut: chendri@itts.ac.id cc onno@itts.ac.id onno@indo.net.id (CISN,KML)

Workshop Pelatihan Instalasi Internet Offline di SMK Global Tangerang
09 Sep 2022

Pelatihan ini meliputi CompTIA Security+. CompTIA Security+ Materi pelatihan CompTIA Security+ ini bertujuan untuk memperkenalkan keamanan siber kepada peserta. Peserta diperkenalkan ke konsep, terminologi, dan teknik-teknik untuk mengamankan atau mitigasi serangan siber. Job Preparation Peserta akan dilatih mengenai persiapan kerja meliputi pembuatan CV yang baik, LinkedIn yang bagus, dan bagaimana cara untuk menjawab pertanyaan interview. Persyaratan Peserta: Warga Negara Indonesia Usia Maksimal 27 Tahun pada saat mendaftar Lulusan D3/D4/S1 atau Mahasiswa Tingkat Akhir dari semua jurusan (diutamakan jurusan IT yang berhubungan dengan Jaringan Dasar dan Linux), dibuktikan dengan ijazah/SKL/Transkrip Nilai/Surat Keterangan Sidang Tidak sedang bekerja Lolos Seleksi Administrasi dan Tes Substansi secara online Sanggup menyediakan sarana pelatihan dengan spesifikasi tertentu sesuai persyaratan masing-masing tema pelatihan (tertulis dalam silabus) *Bagi calon peserta penyandang disabilitas dapat mendaftar pelatihan dengan menyediakan sarana dan prasarana pendukung pelatihan secara mandiri Persyaratan Prasarana: Memiliki laptop/komputer dengan minimum spesifikasi: CPU 1 gigahertz (GHz), 4 GB RAM (64-bit), 8 GB ROM Koneksi yang stabil dengan minimal kecepatan 3 Mbps download dan 2 Mbps upload Kelengkapan Dokumen: Pas Foto (format png/jpeg maks 500 kb) KTP (format png/jpeg maks 500kb) Ijazah/SKL/Transkirp nilai (format pdf maksimal 1 MB) Benefit Pelatihan: Sertifikasi: CompTIA Security+ certification Certificate of Completion(Kominfo) Biaya Komunikasi Program Digital Talent Scholarship merupakan beasiswa pelatihan gratis tanpa dipungut biaya Tes Substansi dapat dilakukan setelah berhasil mendaftar, mulai tanggal 25 Juli 2022. Silakan akses (login) ke Dashboard Digitalent dan cek secara berkala. sc: digitalent.kominfo.go.id

Pelatihan Cybersecurity Digitalent Kominfo
07 Sep 2022

Pengumuman Peserta Kuliah Umum & PKU Institut Teknologi Tangerang SelatanSelamat datang dan selamat atas diterimanya Sobat Tekno sebagai mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Institut Teknologi Tangerang Selatan. Anda telah mengambil keputusan startegik yang tepat untuk belajar lebih lanjut di tingkat lebih tinggi di Fakultas Ilmu Komputer ITTS ini. PKU ini dimaksudkan untuk mengenalkan kepada anda tentang apa harapan Program Studi terhadap kesungguhan dan kegigihan anda dalam menempuh program studi. Dengan PKU ini, diharapkan dapat melatih kepercayaan diri dan meningkatkan kemampuan setiap mahasiswa. ITTS menghadirkan para speaker hebat, yang tentunya akan membantu para mahasiswa baru untuk mengenal lebih dalam mengenai time management, build positive energy, dan technology field.Dengan speaker: - Dr. Berlilana, M.Kom., M.Si. (Rektor Universitas Amikom Purwokerto) "Sukses Kuliah Tepat Waktu" Kuliah Umum Sesi 1 08.15-09.00 WIB- Erik Hadi Saputra, M.Eng. (Kaprodi Ilmu Komunikasi, Direktur Kehumahasan dan Urusan Internasional Universitas Amikom Yogyakarta)"Membangun Energi Positif Dalam Perkuliahan" Kuliah Umum Sesi 2 09.00-10.30 WIB- Ir. Onno Widodo Purbo, M.Eng., Ph. D. (Wakil Rektor 1 Akademik ITTS dan Pakar Teknologi Informasi) "Menjadi Expert di Bidang Teknologi" Kuliah Umum Sesi 3 10.30-12.00 WIBDiumumkan kepada seluruh mahasiswa baru Fakultas Ilmu Komputer Institut Teknologi Tangerang Selatan Semester Ganjil TA.2022-2023. Diwajibkan untuk mengikuti Kuliah Umum " Program Kampus Unggulan",pada Hari/tanggal: Kamis, 29 September 2022 Pukul: 08.00 s/d selesai Dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi virtual zoom.

Program Kampus Unggulan ITTS
01 Sep 2022

Senin, 29 Agustus 2022, Institut Teknologi Tangerang Selatan telah melakukan kunjungan ke Universitas Amikom Purwokerto untuk melakukan asesor simulasi akreditasi dari LAMINFOKOM (Lembaga Akreditasi Informatika dan Komputer), Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak/ibu Dosen Institut Teknologi Tangerang Selatan dan Universitas Amikom Purwokerto beserta para tamu undangan akreditasi. Dalam kegiatan ini menghadirkan narasumber, yaitu salah satu Dewan Eksekutif Bapak Dr. Ir. Djoko Soetarno, DEA, dan didampingi oleh Rektor Universitas Amikom Purwokerto yaitu Dr. Berlilana, M.Kom., M.Si. Bapak Djoko Soetarno memberikan informasi terkait apa saja yang perlu disiapkan untuk persiapan akreditasi perguruan tinggi. Dalam kegiatan tersebut selain untuk melakukan simulasi dan akreditasi kampus, namun juga untuk melakukan akreditasi terhadap Program Studi Sistem Informasi Universitas Amikom Purwokerto. Dalam diskusi ini para peserta bukan hanya mendapatkan materi terkait persiapan akreditasi perguruan tinggi, para peserta juga dapat langsung melakukan tanya jawab.

Kegiatan Kunjungan ITTS Ke Universitas Amikom Purwokerto
31 Ags 2022

30 Agustus 2022, LLDIKTI (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi) Wilayah 4 oleh Bapak Agus P dan Bapak Fauzan melakukan kunjungan silahturahmi dengan Wakil Rektor 2 SDM dan Keuangan Institut Teknologi Tangerang Selatan Bapak Agung Budi Prasetio ST.,M.Eng beserta Wakil Rektor 3 Bidang Humas dan Kemahasiswaan Nanang Fitriana Kurniawan S.Kom.,MM. Dalam kunjungan tersebut, LLDIKTI Wilayah 4 berkesempatan untuk memonitoring dan mengevaluasi terhadap kampus Institut Teknologi Tangerang Selatan yang berkaitan dengan sarana prasarana kampus, statuta, dan legalitas kampus. Selain, melakukan monitoring dan evaluasi. Beliau menawarkan pembinaan kepada dosen-dosen dan civitas akademik. Beliau menyampaikan bahwa “Institut Teknologi Tangerang Selatan ini merupakan kampus yang beruntung karena sudah mendapatkan izin Institut, seperti yang kita ketahui bahwa untuk mendapatkan izin Institut ini sudah di berhentikan. Oleh karena itu, mereka berharap sekali bahwa kampus Institut Teknologi Tangerang Selatan ini dapat terus berkembang dan bergerak maju”. Serta kedepannya Institut Teknologi Tangerang Selatan akan melakukan sistem Hybrid sehingga para mahasiswa di luar pulau tidak perlu khawatir karena tetap dapat mengikuti kegiatan pembelejaran secara online. Namun, untuk mahasiswa yang berada di sekitaran kampus tetap bisa melakukan pembelajaran secara langsung atau offline.

Monitoring dan Evaluasi LLDIKTI Wilayah 4 ke Institut Teknologi Tangerang Selatan
30 Ags 2022

Tangerang Selatan – Menyambut Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus. Semarak HUT RI ke-77 Kemerdekaan RI di Kampus Institut Teknologi Tangerang Selatan. Mahasiswa Institut Teknologi Tangerang Selatan menyelenggarakan berbagai macam perlombaan dalam menyemarakannya di lingkungan kampus Institut Teknologi Tangerang Selatan. Lomba 17 Agustus yang bertemakan “Keberagaman dalam bingkai nusantara” disambut antusias oleh mahasiswa. Acara ini sempat vakum selama 2 tahun di karenakan pandemi dan kembali dilaksanakan dengan melibatkan mahasiswa Institut Teknologi Tangerang Selatan. Kegiatan lomba ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur, sekaligus meghormati jasa para pahlawan bangsa. Adanya perlombaan tersebut untuk membangun tali silaturahmi diantara mahasiswa dengan menunjukkan kreatifitas mahasiswa pada acara HUT RI ke-77. Selain itu, Peringatan HUT RI ini juga dimaksud untuk memperkuat kerjasama antar mahasiswa Institut Teknologi Tangerang Selatan agar lebih kompak dan solid. Acara ini dimulai dengan berbagai lomba yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Agustus 2022. Berbagai perlombaan sangat dinanti dan disambut baik oleh mahasiswa yang ikut turut berpartisipasi dengan menjadi peserta dalam berbagai perlombaan. Adapun sederet kegiatan yang digelar di Kampus Institut Teknologi Tangerang Selatan pada hari Sabtu, 27 Agustus 2022 yakni mulai dari lomba makan kerupuk, lomba balap karung, tarik tambang, lomba membawa sendok kelereng, lomba memasukkan paku dalam botol, lomba joget balon, lomba joget rebutan kursi, dan lomba cerdas cermat. Perlombaan berlangsung sangat meriah serta dipenuhi gelak tawa mahasiswa maupun peserta, sejak awal acara pukul 09.00 pagi sampai dengan selesai. Walaupun cuaca panas dan hujan, tidak menyurutkan antusiasme mahasiswa Institut Teknologi Tangerang Selatan dalam mengikuti serangkaian kegiatan perlombaan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa pun turut berpartisipasi dalam menyemarakkan lomba 17 Agustus yang diselenggarakan di Balai desa dan lapangan Desa Mojogemi. Mahasiswa yang hadir sangat antusias dalam mengikuti lomba. Untuk pemenang lomba agustusan ini hadiah utama berupa emas 0,1 gram yang diberikan kepada Hikmal Irfansyah mahasiswa Sistem Informasi Angkatan 2021 sebagai Juara Umum Lomba 17 Agustusan 2022 di kampus Institut Teknologi Tangerang Selatan. Terdapat tiga pemenang pada masing-masing perlombaan yang diumumkan setelah seluruh pertandingan selesai. Kegiatan ditutup dengan pembagian hadiah bagi pemenang-pemenang lomba.

Kegiatan Lomba Agustusan Mahasiswa Institut Teknologi Tangerang Selatan