Temukan berita yang anda cari disini

Berita Kampus

23 Mar 2021

ITTS Podcast merupakan program podcast reguler yang diadakan setiap minggu oleh Institut Teknologi Tangerang Selatan. Program yang dipandu oleh Bapak Agung Budi Prasetio sebagai host dan juga Bapak Onno W. Purbo sebagai pembicara ini seringkali mendatangkan bintang tamu yang menarik dan inspiratif. Minggu ini ITTS Podcast mengambil tema "Phyton X Machine Learning" dengan bintang tamu Ibu Astri Sekar Wijaya yang berprofesi sebagai dosen Institut Teknologi Tangerang Selatan.ITTS Podcast minggu ini hadir di hari Kamis, pukul 16.00 WIB melalui aplikasi Zoom dan Live streaming YouTube. Untuk registrasi bisa langsung mengunjungi tautan ini. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan kesempatan memenangkan hadiahnya. Acara ini tidak dikenakan biaya dan mendapatkan E-Sertifikat.Pendaftaran mahasiswa baru Institut Teknologi Tangerang Selatan untuk gelombang pertama sudah dibuka. Apabila kamu berminat untuk belajar berbagai keilmuan IT segera daftarkan diri di sini. Dapatkan berbagai macam fasilitas menarik saat kamu belajar di Institut Teknologi Tangerang Selatan. Kesempatan untuk bisa bekerja sebelum lulus kuliah, juga sangat terbuka di Institut Teknologi Tangerang Selatan.Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan dirimu dan ikut menjadi bagian dalam memajukan inovasi dan teknologi. Institut Teknologi Tangerang Selatan, Pusat teknologi nasional berkelas dunia.

ITTSPODCAST Episode 8 - Phyton X Machine Learning
19 Mar 2021

Data Science adalah sebuah bidang antar disiplin yang menggunakan metode, proses, algoritma dan sistem ilmiah untuk menghasilkan pengetahuan dan wawasan dari banyak data struktural dan tidak terstruktur. Data science terdiri dari 3 macam ilmu, yaitu Statistic, Computer Science, dan Knowledge Insight. Teknik-teknik yang digunakan untuk Data Science:- Probablity and Statistic (Probabilitas dan Statistik)- Distribution (Distribusi)- Regression Analysis (Analisis Regresi)- Descriptive Statistics (Statistik Deskriptif)- Inferential Statistics (Statistik Inferensial)- Non-Parametic Statistics (Statistik Non-Parametik)- Hypothesis Testing (Pengujian Hipotesis)- Linear Regression (Regresi Linier)- Logistic Regression (Regresi Logistik)- Neural Networks (Jaringan Neural)- K-Means Clustering (Pengelompokan K-Means)- Decision Trees, dll (Pohon Keputusan, dll)Untuk menguasai data science, salah satu keahlian yang dibutuhkan adalah programming. Di dalam programming sendiri, ada bahasa pemrograman yang sering digunakan, yaitu R dan Python. R digunakan saat kita melakukan analisis data eksplorasi, melakukan visualisasi data, serta membuat laporan. Sementara itu, Python digunakan ketika model kita sudah jadi dan kita ingin memasuki model machine learning tersebut ke dalam aplikasi atau ke dalam website.Salah satu hal terpenting dalam menguasai Data Science adalah kemampuan knowledge insight (wawasan pengetahuan). Knowledge Insight sendiri berperan ketika kita ingin menentukan apa masalah kita, membuat model, dan menginterpretasikan hasil yang kita dapatkan dari model tersebut.Itulah sedikit cuplikan mengenai apa yang akan kita pelajari dalam ITTS Podcast yang diselenggarakan pada hari Kamis 18 Maret 2021 melalui live streaming. Untuk teman-teman yang ingin melihat informasi lebih lengkap mengenai Data Science yang diampaikan oleh Ibu Tutik Lestari, bisa mengunjungi tautan berikut.Ibu Tutik Lestari merupakan seorang dosen yang saat ini mengajar Statistika di Institut Teknologi Tangerang Selatan. Ibu Tutik Lestari menyelesaikan pendidikan strata 1 di Universitas Mercu Buana dengan jurusan Teknologi & Ilmu Komputer serta pendidikan strata 2 di Universitas Budi Luhur jurusan Ilmu Komputer.ITTS Podcast merupakan acara regular yang diadakan oleh Institut Teknologi Tangerang Selatan setiap minggu. Acara ini dipandu oleh Agung Budi Prasetio selaku pembawa acara dan Onno W. Purbo selaku pakar IT. ITTS Podcast hadir dengan bintang tamu yang berbeda setiap minggunya dan menghadirkan narasumber-narasumber yang keren dan inspiratif.

Statistic, Computer Science dan Business Knowledge dalam Data Science
16 Mar 2021

ITTS Podcast merupakan program podcast reguler yang diadakan setiap minggu oleh Institut Teknologi Tangerang Selatan. Program yang dipandu oleh Bapak Agung Budi Prasetio sebagai host dan juga Bapak Onno W. Purbo sebagai pembicara ini seringkali mendatangkan bintang tamu yang menarik dan inspiratif. Minggu ini ITTS Podcast mengambil tema "Statistic, Computer Science dan Business Knowledge dalam Data Science" dengan bintang tamu Ibuk Tutik Lestari yang berprofesi sebagai dosen Institut Teknologi Tangerang Selatan.ITTS Podcast minggu ini hadir di hari Kamis, pukul 16.00 WIB melalui aplikasi Zoom dan Live streaming YouTube. Untuk registrasi bisa langsung mengunjungi tautan ini. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan kesempatan memenangkan hadiahnya. Acara ini tidak dikenakan biaya dan mendapatkan E-Sertifikat.Pendaftaran mahasiswa baru Institut Teknologi Tangerang Selatan untuk gelombang pertama sudah dibuka. Apabila kamu berminat untuk belajar di bidang IT segera daftarkan diri di sini. Dapatkan berbagai macam fasilitas menarik saat kamu belajar IT di Institut Teknologi Tangerang Selatan. Kesempatan untuk bisa bekerja sebelum lulus kuliah, juga sangat terbuka di Institut Teknologi Tangerang Selatan.Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan dirimu dan ikut menjadi bagian dalam memajukan inovasi dan teknologi. Institut Teknologi Tangerang Selatan, Pusat teknologi nasional berkelas dunia.

ITTSPODCAST Episode 7 - Statistic, Computer Science dan Business Knowledge dalam Data Science
12 Mar 2021

ITTS Open Course

14:25 WIB

ITTS Open Course adalah sebuah platform untuk membuka sebanyak mungkin mata kuliah yang ada di Institut Teknologi Tangerang Selatan kepada masyarakat umum. Materi yang ada di ITTS Open Course bisa dinikmati secara gratis oleh masyarakat umum. Apabila ingin belajar berbagai materi seputar teknologi secara gratis dan bebas, ITTS Open Course adalah media yang tepat untuk belajar. Materi yang ada di ITTS Open Course tidak hanya tentang dunia seputar teknologi, ada juga materi umum yang bisa dipelajari oleh masyarakat umum. Banyak materi yang bisa kita pakai sebagai media pembelajaran.Ada beberapa materi yang dilengkapi dengan ujian, dan setelah menyelesaikan ujian dengan mendapatkan nilai lebih dari 90 akan mendapatkan apresiasi berupa sertifikat keahlian. Untuk Mahasiswa ITTS yang sedang menempuh perkuliahan, beberapa materi ITTS Open Course dapat ditukar dengan SKS. Dengan ketentuan, mahasiswa mendapatkan nilai di atas 90. Hal tersebut diharapkan memacu minat mahasiswa untuk segera menyelesaikan masa studinya.Langkah-langkah melakukan pendaftaran akun di opencourse.itts.ac.id:1. Buka halaman opencourse.itts.ac.id2. Klik menu login dan kemudian klik new account3. Isi biodata anda, kemudian klik create my new account4. Check email, apabila tidak terlihat di kotak masuk, coba cek di menu spam6. Lakukan konfirmasi, setelah melakukan konfirmasi, lanjut ke continue.10. Setelah masuk ke dashboard, silakan untuk memilih materi yang ingin dipelajariUntuk kampus yang ingin menggunakan ITTS Open Course untuk konversi nilai di perguruan tinggi lain. Diharapkan untuk dapat melakukan MoU kerjasama dengan Institut Teknologi Tangerang Selatan terlebih dahulu. Bagi UMKM / Perusahaan yang ingin melakukan kerjasama, bisa melakukan MoU kerjasama dengan ITTS.Untuk informasi lebih lengkap, bisa ditonton melalui tautan video.

ITTS Open Course
10 Mar 2021

Bagian ini akan menjadi bagian terakhir dalam penjelasan berbagai macam prodi yang ada di Institut Teknologi Tangerang Selatan. Program studi yang akan kita bahas kali ini adalah program studi Teknologi Informasi. Pada dasarnya, program studi Informatika dan Teknologi Informasi mempelajari hal yang sama. Perbedaannya hanya di penyebutan namanya. Namun, di beberapa universitas di Indonesia, program studi Informatika dan Teknologi Informasi tidak bisa disamaratakan.Ada beberapa poin yang bisa kita garis bawahi mengenai perbedaan program studi Informatika dan Teknologi Informasi. Di program studi Informatika, kita akan lebih banyak mempelajari ilmu dan teknik yang membahas pengolahan data atau masalah transformasi dengan memanfaatkan teknologi komputer melalui proses-proses logika. Sementara di program studi Teknologi Informasi, kita akan mempelajari komponen penyusun hardware, software, dan brainware.Mata kuliah yang akan ditemui saat belajar di program studi informatika lebih banyak berkutat pada pada pemrograman, teknologi jaringan komputer, dan pengembangan perangkat lunak. Untuk prodi Teknologi Informasi, mata kuliah yang akan dipelajari lebih banyak berorientasi pada rekayasa perangkat lunak, rekayasa komputer, jaringan, maupun aplikasi enterprise yang terus berkembang hingga saat ini.Beberapa profesi yang bisa menjadi pilihan karir saat kita selesai belajar di program studi Teknologi Informasi, yaitu:•    Programmer•    Software Developer•    Web Designer•    System Analyst•    IT Consultant•    Software Engineer•    Database Engineer•    IT Executive•    Enterprise Resource Planner•    Cloud Architect•    Digital Forensics Expert•    Network Administrator•    Application Engineer•    Game Creator•    Game Developer•    Data Scientist•    Technopreneur•    Dan masih banyak lagi.Program studi Teknologi Informasi di Institut Teknologi Tangerang Selatan tidak hanya menekankan kepada kemampuan teknik namun juga menekankan pada kemampuan soft skills yang dubutuhkan pada saat berada di dunia kerja. Untuk itu, diharapkan saat sudah selesai menempuh program studi di Teknologi Informasi. Lulusan akan siap untuk langsung bekerja di dunia profesional.Pendaftaran mahasiswa baru Institut Teknologi Tangerang Selatan untuk gelombang pertama sudah dibuka. Apabila kamu berminat untuk belajar Teknologi Informasi segera daftarkan diri di sini. Dapatkan berbagai macam fasilitas menarik saat kamu belajar Teknologi Informasi di Institut Teknologi Tangerang Selatan. Kesempatan untuk bisa bekerja sebelum lulus kuliah, juga sangat terbuka di Institut Teknologi Tangerang Selatan.Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan dirimu dan ikut menjadi bagian dalam memajukan inovasi dan teknologi. Institut Teknologi Tangerang Selatan, Pusat teknologi nasional berkelas dunia.Sumber:[1] campus.quipper.com[2] campuspedia.id[3] www.renesia.com

Mengenal Program Studi Teknologi Informasi dan Prospek Kerjanya
08 Mar 2021

ITTS Podcast merupakan program podcast reguler yang diadakan setiap minggu oleh Institut Teknologi Tangerang Selatan. Program yang dipandu oleh Bapak Agung Budi Prasetio sebagai host dan juga Bapak Onno W Purbo sebagai pembicara ini seringkali mendatangkan bintang tamu yang menarik dan inspiratif. Minggu ini ITTS Podcast mengambil tema Digital Nation for Airport Security Strategy dengan bintang tamu Bapak Dony Subardono yang berprofesi sebagai Vice President Security PT. Angkasa Pura 1.ITTS Podcast minggu ini hadir di hari Rabu pukul 16.00 WIB melalui aplikasi Zoom dan Livestreaming YouTube. Untuk registrasi bisa langsung mengunjungi tautan ini. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan kesempatan memenangkan hadiahnya. Acara ini tidak dikenakan biaya dan mendapatkan E-Sertifikat.Pendaftaran mahasiswa baru Institut Teknologi Tangerang Selatan untuk gelombang pertama sudah dibuka. Apabila kamu berminat untuk belajar sistem informasi, segera daftarkan diri di sini. Dapatkan berbagai macam fasilitas menarik saat kamu belajar informatika di Institut Teknologi Tangerang Selatan. Kesempatan untuk bisa bekerja sebelum lulus kuliah, juga sangat terbuka di Institut Teknologi Tangerang Selatan.Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan dirimu dan ikut menjadi bagian dalam memajukan inovasi dan teknologi. Institut Teknologi Tangerang Selatan, Pusat teknologi nasional berkelas dunia.

ITTSPODCAST Episode 6 - Digital Nation for Airport Security Strategy
05 Mar 2021

Dalam kurun waktu satu dekade ini, IoT menjadi topik yang menarik dan banyak diperbincangkan. Pada kenyatannya, IoT sendiri sudah dicetuskan di tahun 1999. Hal tersebut dicetuskan oleh Kevin Ashton pada saat mengikuti peluncuran teknologi RFID (Radio-Frequency Identification). IoT sendiri mengacu pada teknologi komunikasi antar mesin dengan menggunakan koneksi internet.IoT (Internet of Things) adalah suatu konsep dimana objek tertentu punya kemampuan untuk mentrasfer data lewat jaringan tanpa adanya interaksi dari manusia ke manusia atau manusia ke perangkat komputer. IoT bekerja dengan memanfaatkan argumentasi pemrograman dimana tiap-tiap perintah argumen tersebut menghasilkan interaksi antar mesin yang telah terhubung secara otomatis tanpa campur tangan manusia di dalamnya.Dikarenakan banyak yang tertarik dengan dunia IoT, Institut Teknologi Tangerang Selatan ingin membahas lebih dalam mengenai IoT dan peluangnya di era Industri 4.0. Pembahasan perihal IoT dimasukkan ke dalam acara rutin ITTSPodcast yang hadir setiap hari Kamis. Tema yang diangkat kali ini adalah “IoT and Opportunistic Use of Technology on Global Trend of Industry 4.0” dengan narasumber Direktur Komersial dan Pengembangan PGNCom, Bapak Larassetyo Wibowo.PGNCOM adalah perusahaan Penyelenggara Telekomunikasi dan Solusi TIK yang berbasis di Jakarta, Indonesia. PGNCOm adalah penyedia backbone (serat optik) dengan jaringan milik perusahaan yang beroperasi dari Singapura ke Jakarta. PGNCOM telah menjadi solusi andal yang melayani pasar domestik yang meliputi kota-kota besar di Indonesia bagian Barat dan pasar internasional sejak tahun 2007.Pembahasan ITTSPodcast dimulai dengan penjelesan Bapak Larassetyo Wibowo tentang PGNCom, revolusi industri 4.0, gangguan teknologi, megashift yang disebabkan oleh Covid-19, latar belakang IoT serta peluang-peluang IoT di masa depan.Tidak hanya membahas mengenai IoT, acara ini juga diiringi oleh diskusi yang menarik. Pembahasan tentang sumberdaya manusia yang dibutuhkan untuk mewujudkan IoT yang global di Indonesia juga menjadi pembahasan utama. Karenanya, Bapak Larassetyo Wibowo memberikan beberapa tips untuk mahasiswa agar siap menghadapi dunia kerja jika ingin masuk ke ranah industri IoT.Untuk melihat lebih utuh pembahasan mengenai masalah IoT di ITTSPodcast. Bisa dilihat melalui tautan ini.ITTSPodcast merupakan acara regular yang diadakan oleh Institut Teknologi Tangerang Selatan setiap minggu. Acara ini dipandu oleh Agung Budi Prasetio selaku pembawa acara dan Onno W. Purbo selaku pakar IT. ITTSPodcast hadir dengan bintang tamu yang berbeda setiap minggunya dan menghadirkan narasumber-narasumber yang keren dan inspiratif.Sumber:[1] www.pgascom.id [2] www.dewaweb.co.id[3] www.telkolmseliot.com

IoT and Opportunistic Use of Technology On Global Trend of Industry 4.0
03 Mar 2021

Jika pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang program studi Informatika. Maka di artikel ini kita akan membahas tentang program studi Sistem Informasi. Program studi Sistem Informasi juga menjadi salah satu program studi yang populer belakangan ini. Materi dan konsentrasi yang menggabungkan ilmu komputer dengan bisnis dan manajemen menjadikan program studi favorit. Program studi Sistem Informasi mempelajari bagaimana mendesain sistem yang sesuai dengan kebutuhan suatu bisnis atau perusahaan dengan mengidentifikasi kebutuhan dan proses bisnis yang ada dalam perusahaan tersebut. Program studi ini cocok untuk kamu yang ingin terjun di dunia IT tanpa harus mendalami teknis terlalu dalam. Jadi, harapannya setelah mahasiswa selesai menempuh program studi Sistem Informasi, akan memiliki kompetensi di bidang Teknologi Informasi dan Bisnis. Lulusan prodi ini dirancang memiliki kemampuan untuk memberikan solusi sistem informasi berdasarkan permasalahan bisnis, serta mengevaluasi pemanfaatan IT oleh perusahaan tersebut.Pengetahuan dan keahlian yang akan kamu dapatkan saat belajar di program studi Sistem Informasi antara lain:•    Kemampuan melakukan rekayasa komputer•    Kemampuan problem solving•    Kemampuan berpikir sistematis•    Kemampuan melakukan analisis•    Kemampuan meneliti•    Kemampuan manajerial data•    Kemampuan memahami proses bisnis•    Kemampuan manajamen dan organisasi•    Kemampuan perencanaan•    Melatih kemampuan berkomunikasiBanyak keuntungan yang akan diperoleh saat kamu memilih program studi Sistem Informasi. Ahli sistem informasi banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan sebagai jembatan antara developer dan user dalam membangun sebuah sistem. Tidak hanya perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan ahli di bidang sistem informasi, instansi pemerintah juga banyak yang membutuhkan. Beberapa profesi yang bisa menjadi pilihan karir saat kita selesai belajar di program studi informatika, yaitu:•    Programmer•    Software Developer•    Web Designer•    System Analyst•    IT Consultant•    Software Engineer•    Database Engineer•    IT Executive•    Enterprise Resource Planner•    Graphic Designer•    Project Manager•    Network Administrator•    Network Support Engineer•    Application Engineer•    Game Creator•    Game Developer•    Data Scientist•    UI/UX Designer•    Technopreneur•    Dan masih banyak lagi.Program studi Sistem Informasi di Institut Teknologi Tangerang Selatan tidak hanya menekankan kepada kemampuan teknik namun juga menekankan pada kemampuan soft skills yang dubutuhkan pada saat berada di dunia kerja. Untuk itu, diharapkan saat sudah selesai menempuh program studi di Sistem Informasi. Lulusan akan siap untuk langsung bekerja di dunia profesional.Pendaftaran mahasiswa baru Institut Teknologi Tangerang Selatan untuk gelombang pertama sudah dibuka. Apabila kamu berminat untuk belajar sistem informasi, segera daftarkan diri di sini. Dapatkan berbagai macam fasilitas menarik saat kamu belajar informatika di Institut Teknologi Tangerang Selatan. Kesempatan untuk bisa bekerja sebelum lulus kuliah, juga sangat terbuka di Institut Teknologi Tangerang Selatan.Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan dirimu dan ikut menjadi bagian dalam memajukan inovasi dan teknologi. Institut Teknologi Tangerang Selatan, Pusat teknologi nasional berkelas dunia.Sumber:[1] https://campus.quipper.com/ [2] https://rencanamu.id/[3] https://badoystudio.com[4] http://www.uajy.ac.id/

Mengenal Program Studi Sistem Informasi dan Prospek Kerjanya
01 Mar 2021

ITTS Podcast merupakan program podcast reguler yang diadakan setiap minggu. Program yang dipandu oleh Bapak Agung Budi Prasetio sebagai host dan juga Bapak Onno W Purbo sebagai pembicara ini seringkali mendatangkan bintang tamu yang menarik dan inspiratif. Minggu ini ITTS Podcast mengambil tema IoT and Opportunistic Use of Technology On Global Trend of Industry 4.0 dengan bintang tamu Bapak Larassetyo Wibowo yang berprofesi sebagai Direktur Komersial dan Pengembangan PGNCom. Ada hadiah menarik berupa saldo OVO senilai Rp 500.000 untuk 5 orang pemenang.ITTS hadir setiap hari kamis pukul 16.00 WIB melalui aplikasi Zoom dan Livestreaming YouTube. Untuk registrasi bisa langsung mengunjungi tautan ini. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan kesempatan memenangkan hadiahnya. Acara ini tidak dikenakan biaya dan mendapatkan E-Sertifikat.

ITTSPODCAST Episode 5 - IoT and Opportunistic Use of Technology On Global Trend of Industry 4.0